subject: Bisnis Pencucian Helm? Mengapa Tidak?!! [print this page] Saat anda membuka browser internet dan mencari kata "mesin cuci helm" maka akan anda ketemukan begitu banyak alamat-alamt website yang berhubungan dengan kata yang anda cari, ya produsen - produsen mesin cuci helm. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta, saat ini pengguna sepeda motor di DKI Jakarta tercatat 5.136.619 unit. Dan pertambahannya setiap hari mencapai 1.035 unit.
Dari hasil statistik tersebut, dapat kita bayangkan berapa jumlah pengendara sepeda motor se-Indonesia? berapa banyak pengendara sepeda motor di tempat kita, baik tetangga, komplek maupun tempat kita bekerja? jawabannya.... Banyak sekali pengguna kendaraan ber-roda dua tersebut berada di sekitar kita, bahkan mungkin anda pun salah satu pengguna sepeda motor. Dengan minimal 1 pengendara sepeda motor memiliki 1 helm, maka untuk data statistik DKI Jakarta tersebut diatas, sudah pasti terdapat 5 juta sekian helm juga khan? itu jika masing-masing hanya memiliki 1 helm saja. Kita tidak akan membahas lebih dalam mengenai helm, akan tetapi bukankah setiap orang yang merogoh koceknya untuk membeli helm tersebut, akan berusaha menjaga agar helmnya tidak cepat rusak dan tidak harus melulu merogoh kocek untuk membeli helm lagi? Dari kacamata bisnis, maka sense of belonging dan sense of carying dari setiap pemilik helm itulah yang menjadi PELUANG BISNIS bagi kita... yaitu Usaha Jasa Pencucian Helm.
Saat ini ada begitu banyak pilihan produsen yang menawarkan penggunaan jaringan/franchise/mesin yang di tawarkan kepada calon pengusaha, home business, usaha sendiri, usaha modal kecil, usaha sampingan untuk menggunakan jasa mereka.
Mulai dari perangkat cuci helm yang sangat sederhana hingga paling canggih ditawarkan kepada konsumen, persaingan sehat yang menunjukkan betapa PANGSA PASAR dari bisnis jasa cuci helm ini sangat menjanjikan.
Yang perlu diingat adalah pada saat akan memulai bisnis ini dan atau bisnis apapun juga, jangan terburu-buru untuk menggunakan produk A, B,C . cari informasi sebanyak mungkin mengenai peluang usaha ini, survey lokasi usaha yang tepat, informasi produk - produk mesin cuci helm, serta yang TIDAK KALAH Pentingnya adalah : Apakah semua proses dalam usaha jasa cuci helm telah tercakup didalam produk tersebut?
Anda memiliki mesin cuci dirumah?, coba perhatikan... mesin itu memiliki kegunaan apa saja?, ya secara sederhana kita uraikan sebagai berikut :
1. Fungsi pencucian pakaian
2. Fungsi pembilasan pakaian
3. Fungsi pengeringan pakaian
dan ketiga fungsi tersebut benar-benar dilakukan oleh yang namanya MESIN CUCI. Kita semua rata-rata adalah konsumen dari produk mesin cuci dengan merek dan produk yang berbeda-beda, akan tetapi secara umum semua produk tersebut memiliki ketiga fungsi itu dan dijalankan oleh MESIN CUCI.
Mindset kita semua segera berpikir bahwa mesin cuci, adalah alat untuk mencuci yang dilakukan oleh mesin..sehingga pada saat kita membaca advertising sebuah produk mesin cuci helm, maka kita pun akan segera berpikir bahwa mesin itu benar-benar memiliki fungsi untuk mencuci helm, benar?
Ooppsss.... anda salah jika berpikir demikian, karena rata-rata hampir semua produk mesin cuci helm, hanya menawarkan fungsi pengeringan helm oleh mesin. Lantas fungsi pencucian dan pembilasan helm? Tetap dilakukan secara manual oleh anda / pegawai anda.
Anda berinvestasi untuk sebuah mesin cuci helm, dengan hanya memperoleh 1 fungsi saja yaitu untuk mengeringkan helm saja yang dilakukan oleh mesin. Anda sudah puas? Bagi saya itu bukanlah mesin cuci helm, akan tetapi HANYA sekedar mesin pengering helm.
Beragam alasan yang disampaikan oleh produsen bahwa pencucian HARUS dengan proses manual dsb. akan tetapi saya tetap tidaklah puas, bagaimana mungkin kata HARUS itu dipaksakan sedemikian rupa pada para entepreuner sejati yang akan memulai bisnis jasa pencucian helm, sementara etos pengusaha sejati adalah TIDAK ADA KATA TIDAK MUNGKIN. Bagaimana Cara Berhitung-hitung Dari Menjalankan Bisnis Mesin Cuci Helm Ini ? Lihat Potensi Pemasaran Jasa Pencucian Helm Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta, saat ini pengguna sepeda motor di DKI Jakarta tercatat 5.136.619 unit. Dan pertambahannya setiap hari mencapai 1.035 unit.
Dari hasil statistik tersebut, dapat kita bayangkan berapa jumlah pengendara sepeda motor se-Indonesia? berapa banyak pengendara sepeda motor di tempat kita?
Dengan minimal 1 pengendara sepeda motor memiliki 1 helm, maka untuk data statistik DKI Jakarta tersebut diatas, sudah pasti terdapat 5 juta sekian helm juga. Tentukan Lokasi Lokasi sangat berperan untuk menentukan volume helm yang akan dicuci setiap harinya, kami sarankan pilihlah lokasi - lokasi yang banyak dituju oleh pengendara sepeda motor, contoh: Mall, Parkiran gedung perkantoran, kampus, sekolah, bengkel service motor, pencucian motor, dealer motor, tempat penitipan motor di dekat-dekat jalan tol dsb. Tentukan Mitra Usaha Anda tidak dapat berjalan sendiri dalam berbisnis, anda membutuhkan mitra yang saling mengisi dengan bisnis ini, misal : ditempat - tempat sebagaimana disebutkan diatas, agen sabun cair, agen penjual helm, grup/klub motor dsb. Penentuan Tarif & BEP (Break Even Point) Break Even point atau BEP adalah suatu analisis untuk menentukan dan mencari jumlah barang atau jasa yang harus dijual kepada konsumen pada harga tertentu untuk menutupi biaya-biaya yang timbul serta mendapatkan keuntungan / profit. Rumus Analisis Break Even :
BEP = Total Fixed Cost / (Harga Per Unit - Variabel Cost Perunit) Total Fixed Cost (TFC)= HargaMesin Cuci Helm Harga perunit (HPU)= Harga tarif jasa pencucian Helm anda Variabel Cost Per Unit (VCP)= Biaya Operasional Anda Profit=(Harga perunit - Variabel Cost Perunit) Sebagai Patokan, anda dapat melihat tabel berikut: Tarif Jasa Pencucian Helm (HPU) Biaya Operasional (VCP) Profit (HPU-VCP) Keterangan Rp. 10.000,- Rp.4000,- Rp.6000,- Rp.12.000,- Rp.4000,- Rp. 8000,- Jasa dihitung per-satu helm Rp.12.500 Rp.4000,- Rp.8500,- Dengan menggunakan asumsi 1 bulan adalah 22 hari kerja, dan kita pakai patokan tarif Rp.10.000,- maka kita dapat melakukan estimasi sebagai berikut : Qty Pencucian helm / hari Profit / hari Profit/Bulan (22 hari) BEP 5 Rp.30.000,- Rp.660.000,- TFC/Rp.660.000,- 10 Rp.60.000,- Rp.1.320.000,- TFC/Rp.1.320.000,- 20 Rp.120.000,- Rp.2.640.000,- TFC/Rp.2.640.000,- 30 Rp.180.000,- Rp.3.960.000,- TFC/Rp.3.960.000,- Keterangan :
- Fixed cost : biaya tetap yang nilainya cenderung stabil tanpa dipengaruhi unit yang diproduksi.
- Variable cost : biaya variabel yang besar nilainya tergantung pada banyak sedikit jumlah barang yang diproduksi. Setelah semua itu sudah anda mengerti dan pahami, maka sudah selayaknya anda memulai bisnis ini.. Kini, yang patut anda pertimbangkan adalah ... Produk apa yang sebenarnya anda butuhkan..? Ada banyak metode / cara pemasaran yang dilakukan oleh produsen demi meningkatkan penjualan, hal itu adalah lumrah. Akan tetapi sebagai Konsumen maka Anda patut untuk memperoleh Produk yang optimal (kalau boleh disebut maksimal), dari Investasi Yang anda keluarkan. Beberapa produsen memberikan insentif yang cukup menarik dan terbukti telah menarik minat dari banyak calon pebisnis jasa pencucian helm ini. contoh - contoh dari insentif tersebut adalah : - Memberikan bentuk Boot yang indah dan menarik - Fasilitas spanduk, banner, stempel dll. - Fasilitas Hak Distributor, pelatihan, pengiriman produk sabun dsb. - Fasilitas seragam, pernak - pernik dsb. Hei...., Apakah Anda Akan membeli itu semua dan bukannya mesin pencuci helm? Perhatian anda sebagai konsumen seharusnya lebih menitikberatkan pada FUNGSI dan CARA KERJA dari mesin cuci helm yang akan anda beli. Berikut Tips untuk memilih Produk dan Mitra (Produsen) dari Bisnis yang akan anda mulai : 1. Perhatikan dengan baik bagaimana cara kerja dari mesin cuci helm, apakah sangat sederhana, manual, semi manual, otomatis automatic) 2. Berapa banyak kapasitas tampung dari mesin cuci helm tersebut 3. Kualitas bahan baku dari Mesin cuci Helm, baik bahan body, cat dll, karena akan menentukan usia dari mesin anda yang akan bekerja terus menerus dengan AIR. 4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pencucian sebuah helm 5. Bagaimana tingkat kesulitan pengoperasian mesin 6. Jaminan purna jual 7. Jangan memilih produk yang mengharuskan anda terus menerus MEMBAYAR, karena ini adalah bisnis anda sendiri, uang anda sendiri, kewirausahaan milik anda sendiri 8. Carilah mitra kerja (produsen) yang tidak banyak menjanjikan macam-macam yang tidak masuk logika bisnis anda. 9. Jangan segera tergiur dengan harga Murah yang ditawarkan, karena nantinya anda harus membeli lagi ini-itu perangkat pendukung tambahan...yang jika dihitung-hitung akan jauh lebih membengkak daripada mesin yang dijual diatas harga tersebut. 10. Mahal atau murahnya sebuah mesin, dapat anda perhitungkan sendiri sesuai dengan kebutuhan anda...dan bukan sesuai dengan promosi yang ditawarkan oleh Produsen Mesin Cuci Helm. Hal ini dengan kata lain Mahal atau Murah adalah Relatif Gunakan logika anda pada saat anda akan melakukan sebuah INVESTASI, agar anda tidak membelanjakan UANG anda tidak pada tujuan utama anda akan membangun sebuah bisnis. Semoga tulisan ini bermanfaat. Regards.
Bisnis Pencucian Helm? Mengapa Tidak?!!
By: inderawan adi cahyono
welcome to Insurances.net (https://www.insurances.net)