Board logo

subject: Brightpoint Dan Teletama Sebagai Partner Rim Global Dan Lokal [print this page]


Di mata Research In Motion, Indonesia masih merupakan sasaran pasaran yang utama bagi handset BlackBerry-nya. Untuk terus meningkatkan jumlah pengguna BlackBerry di dunia, RIM belum lama ini bekerja sama dengan distributor global yaitu Brightpoint untuk memasarkan handsetnya tersebut. Brightpoint nantinya tak hanya akan menyediakan logistik dan supply chain. Brightpoint juga akan membantu RIM memperluas smartphone BB secara nasional melalui distributor lokal yang bekerja sama dengan brightpoint, yakni Teletama Artha Mandiri. Tujuan lain dari diadakannya kerja sama dengan distributor lokal ini adalah untuk mengurangi pembelian BlackBerry ilegal yang belakangan ini marak terjadi di pasaran BlackBerry Indonesia.

Teletama akan meluncurkan BlackBerry dengan beberapa tipe yang paling laris di pasaran yaitu, BlackBerry Onyx, BlackBerry Bold 9000, BlackBerry Curve 8520 dan Blackberry 8900. Nantinya pelanggan dapat membeli ponsel pintar BlackBerry dari berbagai outlet di lokasi-lokasi yang nyaman untuk dikunjungi. Untuk sementara ini, Teletama menyediakan handset BlackBerry di lebih dari 80 lokasi yang tersebar di tujuh kota besar di Indonesia. Sedangkan untuk layanan purna jualnya, pihak dari service center RIM yaitu Teleplan, yang akan menangani.

Selain untuk mendongkrak jumlah pelanggan dan mengurangi pembelian BlackBerry ilegal , RIM juga mencoba untuk memberikan sentuhan Indonesia pada BlackBerry yang akan didistribusikan. Nantinya handset BlackBerry yang di jual melalui Teletama akan mendapat banyak nilai tambah yang akan diberikan kepada pengguna. Baik dari segi warna dan model yang akan lebih disesuaikan dengan khas Indonesia, begitu juga dengan fitur-fiturnya, lebih dikhususkan dengan fitur lokal. Selain itu Teletama juga akan memberikan layanan tambahan khusus untuk Indonesia, dan untuk layanan tambahan ini Teletama akan bekerjasama dengan operator telekomunikasi Indonesia.

Untuk sementara ini distributor global RIM, Brightpoint, hanya bekerja sama dengan Teletama. Tetapi menurut penuturan dari Chief Financial Officer Brightpoint, tidak menutup kemungkinan bahwa di masa yang akan datang Brightpoint akan bekerja sama dengan distributor lokal lainnya.

Dari berita di atas dapat disimpulkan bahwa kancah perdagangan BlackBerry di Indonesia masih sangat panjang dan akan berlangsung untuk waktu yang cukup lama. Oleh karena itu issue yang mengatakan bahwa kejayaan dari BlackBerry akan segera berakhir nampaknya tidak tepat.

by: Sari




welcome to Insurances.net (https://www.insurances.net) Powered by Discuz! 5.5.0   (php7, mysql8 recode on 2018)